Friday, April 29, 2011

PAJERO SPORT DAKAR 2011


Mitsubishi kembali meluncurkan SUV andalannya, PAJERO SPORT versi DAKAR, meskipun mengusung mesin diesel tipe 4D56 2.5 liter yang serupa dengan versi sebelumnya, namun mesin baru ini memiliki tenaga lebih besar yaitu 178 PS @ 4.000 rpm, sementara model sebelumnya 136 PS. Torsinya pun menjadi lebih besar dengan karakter 'flat' sebesar 350 Nm antara 1.800 hingga 3.500 rpm.

Hal ini disebabkan penggunaan perangkat Variable Geometry Turbo (VGT) yang di padu dengan sistem pasokan bahan bakar berteknologi Common Rail Direct Injection yang sudah terbukti mampu meningkatkan performa dan efisiensi mesin.

Kelebihan turbo model VGT adalah kemampuan kinerjanya yang sudah berfungsi optimal ketika mesin berada pada putaran rpm rendah hingga menengah. Di dalam perangkat turbo ini, terdapat sirip-sirip dengan sudut yang dapat berubah-ubah sehingga mampu menyesuaikan kebutuhan sekaligus mengatur tekanan udara seoptimal mungkin pada rentang rpm yang lebih lebar.

Untuk mengimbangi kemampuan mesinnya yang kian gahar, Pajero Sport Dakar dibekali dengan transmisi otomatis cerdas Mitsubishi generasi kedua INVECS-II (Intelligent & Innovative Vehicle Electronic Control System) yang mampu menyesuaikan dengan karakter pengemudi. Transmisi ini juga dilengkapi juga dengan fitur pengoperasian bergaya manual yang dapat dioperasikan lewat tuas di balik roda kemudi (paddle shift).

Varian Pajero Sport Dakar juga dilengkapi Hybrid Limited Slip Differential (LSD) sebagai fasilitas standar. Fasilitas ini biasa digunakan pada kendaraan off-road sejati yang juga kian populer digunakan pada sedan-sedan mewah papan atas generasi terkini.

LSD sangat dibutuhkan saat salah satu dari dua roda penggerak kehilangan traksi. Jika itu terjadi, perangkat ini akan memindahkan tenaga putarnya pada roda pasangannya yang masih memiliki traksi pada permukaan jalan.

Untuk eksterior, Pajero Sport Dakar tidak memiliki banyak ubahan yang signifikan selain hadirnya sunroof elektrik dan lampu depan model HID projector lamp dengan fitur auto leveling plus jet washer untuk membersihkan lampu depan.

Perbedaan lainnya hadir dalam bentuk penambahan kelengkapan seperti kaca spion luar yang kini dapat dilipat secara elektris, lampu kabut dengan chrome ring, spoiler atap belakang, muffler cutter, dan dudukan plat nomor baru.

Dengan hadirnya varian baru ini, jajaran Pajero Sport yang mengusung tagline 'All Round Family SUV' ini kini memiliki 5 varian pilihan:

1. Dakar AT 4x4 DI-D Hi-Power 178 PS (Rp468 juta)
2. Exceed AT 4x2 DI-D 136 PS (Rp408 juta)
3. Dakar AT 4x2 DI-D 178 PS (Rp378 juta)
4. GLX MT 4x4 DI-D 136 PS (Rp361 juta)
5. GLS MT 4x2 DI-D 136 PS (Rp412 juta)
( OTR JAKARTA & sekitarnya )

Hadirnya Dakar AT 4x4 DI-D Hi-Power 178 PS juga ditujukan untuk menggantikan varian Exceed 4x4 AT yang kini telah tidak diproduksi lagi oleh KTB.

Pada kesempatan yang sama, Executive Marketing Director KTB Rizwan Alamsyah mengatakan bahwa dengan hadirnya varian baru Pajero Sport Dakar, Mitsubihi meningkatkan target penjualan varian Pajero Sport yang awalnya 1.000 unit perbulan menjadi 1.400 unit per bulan. (spider)













No comments:

Post a Comment